DIGITAL LABS

 

DIGITAL LABS

 

1.  PEMBUKAAN

     Assalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhPada hari selasa kemarin , Labschool mengadakan acara yang dinamakan DIGITAL LABS. Pertama-tama pada saat pagi saya memasuki zoom angkatan dengan seragam lengkap ingin mengikuti acara yang pertama yang bernama CERAMAH umum. Disitu kita diberi ilmu yang banyak oleh narasumber yang bernama Ka Zahrina. Saya akan menceritakan pengalaman saya saat ikut acara DIGITAL LABS & CERAMAH UMUM pertama kali.

A.CERAMAH UMUM

Setelah saya memasuki zoom angkatan ternyata sudah banyak orang terutama dari kelas 7,8&9 dan guru-guru dari semua kelas. Acara akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Pembawa acara ini akan dibawakan oleh Kakak OSIS perempuan. Narasumber yang digunakan pada acara ini bernama Ka Zahrina. Dia adalah seorang guru yang dulunya bersekolah di Universitas Al – Azhar. Kami semua terutama siswa sangat mendapat banyak ilmu dari dia. Acara Ceramah umum ini berlangsung dari pukul 07.30 WIB – 09.30 WIB.

Acara ini dibuka dengan video yang diberikan oleh narasumber. Mengapa Ka Zahrina langsung memberi video? Agar anak-anak pada zoom itu tidak merasa bosan. Karena sebelumnya sudah banyak acara yang kita lewati seperti pembukaan dan pembacaan doa. Setelah diputarkan video oleh narasumber kita semua kelas 7 diberi pertanyaan oleh Ka Zahrina dari video tersebut. Tetapi tidak satu pun dari kita semua menjawab pertanyaan tersebut. Mungkin, kita semua masih mengantuk.

Akhirnya Ka Zahrina pun memberikan materinya yang sangat jelas , dan mudah untuk dicerna dan diteliti. Setelah menyelesaikan materinya , karena waktu sudah hampir habis Ka Zahrina memberikan Quiz berhadiah. Semua siswa kelas 7 wajib mengikuti Quiz itu. Hadiah yang akan diberikan kepada siswa berupa Gopay, OVO dll. Ternyata pemenangnya adalah Navia, dia adalah murid dari kelas saya, kelas 7F.

B.ISTIRAHAT

Karena waktu sudah menunjukkan angka stengah sembilan akhirnya, anak-anak pun dipersilahkan untuk beristirahat. Anak-anak pun sangat senag mendengar berita itu. Bapak dan ibu guru juga memberitahukan bahwa acara selanjutnya adalah acara DIGITAL LABS yang akan dilaksanakan di zoom masing-masing kelas.

C.DIGITAL LABS 


source: wijaya kusumah

Akhirnya, kita semua kelas 7 sudah memasuki zoom kelas masing-masing. Dan pas saya masuk sudah ada narasumber , pak Rosiman , bu Ita , dan teman-teman lainnya. Narasumber di kelas saya kelas 7F bernama ka Sutan. Dia orangnya sangat ramah dan penyabar. Jika ada anak yang tertinggal dia bantu sampai selesai. Sehingga anak anak pun ikut merasa senang.

Pertama-tama acara DIGITAL Labs dimulai dengan membaca doa dan perkenalan diri dari narasumber yang bernama Ka Sutan Firqy. Terlebih dahulu ada perwakilan dari seorang ibu POMG yang bernama Bu Anthi untuk memberi tahu bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi anak anak semua. Karena dengan acara ini anak anak dapat berpikir kreatif dan logis sehingga, pikiran dari anak anak akan menjadi luas.

Sekarang, pada pertemuan pertama ini kita akan belajar tentang cara membuat aplikasi yang berjudul APLIKASI SEHAT. Pertama kita disuruh untuk mendownload atau membuka aplikasi yang bernama kodular companion. Disitu kita disuruh untuk memasukkan email kita sebagai tanda bukti bahwa kita telah mengikuti acara tersebut. 

Setelah anak-anak disuruh untuk mendownload, Ka Sutan memberikan penjelasan tentang aplikasi yang ingin kita buat yang bernama Aplikasi sehat. Dimana aplikasi itu berfungsi untuk mngetahui jarak dan berapa langkah kita. Pertama, kita dijelaskan apa saja fitur di dalam aplikasi tersebut. Lalu, ka Sutan menerangkan step by stepnya agar mudah untuk diikuti oleh anak-anak. Jika, ada anak yang tertinggal maka ka Sutan akan mengulangnya agar kita selesai bersama.

Diakhir acara ka Sutan memberi tahu bahwa aplikasi ini akan dilombakan di seluruh kelas terutama angkatan 29. Ka Sutan juga memberi tahu kalau aplikasi ini juga bisa untuk diedit agar terlihat bagus pada saat penilaian. Aplikasi ini dikumpulkan di email clevio paling lambat jam 3 siang.

Setelah semua mengumpulkan, Akhirnya keluar juga hasil penilaian aplikasi tersebut. Juaranya ada 2 , salah satunya dari kelas saya yang bernama Fakhrizan. Kita semua sekelas memberi selamat pada Fakhrizan karena sudah menjuarai lomba tersebut yang diadakan oleh clevio.

2.PENUTUP

Dan inilah cerita saya saat mengikuti DIGILABS (digital labs) pertama kali. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman PTM Di SMP Labschool Jakarta

SUKA DAN DUKA SEKOLAH ONLINE SMP LABSCHOOL JAKARTA

Rangkuman Bab 2 Buku Informatika